Definisi OpenFlow

Secara global pengertian dari OpenFlow adalah protokol komunikasi (communication protocol) yang memberikan akses ke forwarding plane dari switch atau router melalui jaringan.
Ditinjau dari paradigma jaringan tradisional, mungkin kita semua sudah mengenal dan familiar terutama bagi para network engineer dengan perangkat jaringan seperti  router, switch dan perangkat jaringan lainnya. Didalam network device katakanlah router, itu didalamnya terdapat dua fungsi utama yang disebut dengan Control Plane dan Data Plane. Control Plane merupakan fungsi otak yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan router-router yang lain sedangkan Data Plane adalah fungsi otot yang melakukan forwarding packet (meneruskan paket-paket) yang masuk ke suatu port pada perangkat networking menuju port keluar dengan berkonsultasi kepada Control Plane. Jadi sebelum router atau switch bisa melakukan forwarding packet itu harus berdiskusi terlebih dahulu dengan network device lainnya dengan menggunakan routing protocol misalnya. Control Plane dan Data Plane biasanya terletak dalam satu perangkat jaringan seperti router atau switch.
1
Akan tetapi menurut paradigma Software Defined Network (SDN), Control Plane dan Data Plane itu tidak selalu terjadi dalam satu perangkat yang sama, jadi control plane tersebut bisa dipisahkan sehingga intinya adalah semua network device menjadi dummy device. Kemudian terbentuklah dari paradigma tersebut sebuah protokol yang disebut protokol OpenFlow.
2
OpenFlow merupakan communication protocol antara controller dengan OpenFlow Agent yang ada di dummy router atau switch. Jadi perangkat dummy hanya melakukan fungsi forwarding atau fungsi otot dan tidak melakukan fungsi control plane atau fungsi otak, karena untuk control plane itu hanya ada di controller sebagai fungsi otak tersebut.
3

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Definisi OpenFlow"

  1. Makasih gan, sekarang saya bisa lanjutin ngerjain TA, kalo agan mau bisa kunjungi blog saya, walaupun nggak terlalu bagus tapi mayan buat di baca.

    BalasHapus