Apa itu OpenStack?

2.2              OpenStack
2.2.1        Definisi OpenStack
Menurut OpenStack Foundation, OpenStack adalah sebuah sistem operasi cloud (cloud operating system) yang mengelola sumber daya komputasi, penyimpanan dan konektivitas jaringan yang tersedia pada infrastruktur fisik seperti dalam sebuah fasilitas pusat-data (data center) dan di atur malalui satu dashboard yang memberikan kontrol administrasi sehingga user bisa melakukan provisioning ( provisioning sering digunakan sebagai istilah teknis yang menunjukan proses penyediaan suatu layanan) sendiri dengan mudah sesuai dengan kebutuhan melalui antar-muka peramban (web interface).
Gambar 2.14 Desain Arsitektur Projek OpenStack
OpenStack merupakan Open-source software project dimana OpenStack ini bukan merupakan single software melainkan multi-software yang terdiri dari beberapa aplikasi atau kumpulan dari beberapa aplikasi yang saling bekerja sama untuk menyediakan fungsi sebagai cloud operating system, sehingga nama project tersebut dinamakan OpenStack dan untuk komponen-komponen yang membentuk OpenStack itu sendiri disebut dengan sub project.

2.2.2        Sejarah Perkembangan OpenStack
Project OpenStack pertama kali dimulai dari National Aeronautics and Space Administration (NASA) adalah lembaga pemerintah milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa AS dan penelitian umum luar angkasa jangka panjang. Pada saat dulu ketika muncul pertama kali istilah mainframe atau lebih dikenal dengan super computer yang dapat mengelola berbagai macam kebutuhan layanan aplikasi dengan cepat NASA sudah menggunakan perangkat tersebut untuk melakukan segala macam komputasi. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, NASA mulai banyak menggunakan berbagai macam aplikasi untuk meningkatkan efektifitas dan skalabilitas dalam menunjang segala aspek penelitian yang ada di NASA. Setelah ramai menggunakan virtualisasi menurut NASA hal tersebut masih belum bisa untuk memenuhi kebutuhan yang semakin hari semakin bertambah baik dari sisi perangkat maupun dari aplikasi. Walaupun dari segi infrastruktur fisik dengan adanya virtualisasi itu sudah bisa menurunkan penambahan resource hardware akan tetapi dari efektifitas dinilai masih lambat untuk memanage semua resource yang ada di NASA. Dari kebutuhan tersebut maka NASA sendiri mulai mengembangkan dan membuat suatu aplikasi tersendiri yang tujuannya dapat memanage semua perangkat infrastruktur hypervisor mereka seperti Hyper-V, ESXi dengan membuat sebuah layer tersendiri diatas hypervisor tersebut yang dinamakan dengan nova. Disaat yang bersamaan tepatnya pada bulan maret 2010 ada salah satu organisasi pengembang teknologi yang disebut Rackpace juga sedang mengembangkan layanan open-source yang berbasis object storage yang diberi nama swift. Object storage ini adalah sebuah layanan peyimpanan yang berbasis cloud seperti dropbox, 4shared dan mediafire.

Pada saat itu kedua organisasi itu melihat ada kesamaan visi dan misi antara NASA dan Rackpace sehingga keduanya bergabung dan membuat sebuah project open source yang menyediakan cloud computing service untuk memanajemen data center, yang akhirnya keluar rilis pertama OpenStack tersebut dengan komponen nova dan switf yang diberi nama project OpenStack Austin pada tahun 2010.

2.2.3        Release OpenStack
Untuk release versi OpenStack itu diberi nama berdasarkan susunan huruf alpabet. Berikut adalah tabel release versi dari OpenStack :
TABEL 2.1
Versi Rilis OpenStack
Nama versi
Tanggal Rilis
Komponen yang ditambahkan
Austin
21 Oktober 2010
Nova, Swift
Bexar
3 February 2011
Nova, Glance, Swift
Cactus
15 April 2011
Nova, Glance, Swift
Diablo
22 September 2011
Nova, Glance, Swift
Essex
5 April 2012
Nova, Glance, Swift, Horizon, Keystone
Folsom
27 September 2012
Nova, Glance, Swift, Horizon, Keystone, Quantum, Cinder
Grizzly
4 April 2013
Nova, Glance, Swift, Horizon, Keystone, Quantum, Cinder
Havana
17 October 2013
Nova, Glance, Swift, Horizon, Keystone, Neutron, Cinder, Heat, Ceilometer
Icehouse
17 April 2014
Nova, Glance, Swift, Horizon, Keystone, Neutron, Cinder, Heat, Ceilometer, Trove
Juno
16 October 2014
Nova, Glance, Swift, Horizon, Keystone, Neutron, Cinder, Heat, Ceilometer, Trove, Sahara
Kilo
30 April 2015
Nova, Glance, Swift, Horizon, Keystone, Neutron, Cinder, Heat, Ceilometer, Trove, Sahara, Ironic
Liberty
16 October 2015
Nova, Glance, Swift, Horizon, Keystone, Neutron, Cinder, Heat, Ceilometer, Trove, Sahara, Ironic, Zaqar, Manila, Designate, Barbican

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Apa itu OpenStack?"