Software Defined Network (SDN)

2.2              Software Defined Network (SDN)
2.2.1        Definisi Software Define Network (SDN)
Software-Defined Network (SDN) adalah satu jaringan komputer yang sangat fleksibel karena SDN dikonfigurasi dan dikendalikan melalui software terpusat. SDN ini di kembangkan oleh Stanford University yang mengeluarkan teknologi OpenFlow. Dengan pengaplikasian OpenFlow, pengguna dapat menganalisa kebutuhan gambaran pertumbuhan jaringan, yang dapat diamati langsung hanya melalui sebuah aplikasi. SDN memungkinkan administrator sistem untuk mempercepat koneksi penyediaan jaringan. SDN juga memungkinkan administrator jaringan untuk memiliki kontrol pusat di sebuah program lalu lintas jaringan tanpa memerlukan akses fisik ke perangkat keras jaringan.
Melalui SDN kita tidak perlu bergantung pada vendor atau produk tertentu di dalam implementasi jaringan. SDN menciptakan sebuah jaringan universal. Adanya SDN dapat membuat aplikasi jaringan berbasis vendor menghilang.

2.2.2        Sejarah Software Define Network (SDN)
Konsep Sofware-Defined Network (SDN), pertama sekali diperkenalkan oleh Martin Casado di universitas stanford pada tahun 2007 dengan tulisan pada jurnalnya berjudul “Ethane: Taking Control of the Enterprise”. Dikatakan bahwa ethane adalah sebuah arsitektur baru untuk perusahaan, yang mengizinkan manajer mendefinisikan luasan dari sebuah jaringan, kebijakan jaringan dan kemudian menjalankannya secara langsung. Ethane adalah sebuah penyederhanaan yang ekstrim dari ethernet switch dengan sebuah kontroler terpusat yang mengatur hak masuk dan aliran routing. Software-Defined Networking (SDN) atau split architecture menurut Shirazipour, M., (2012) adalah sebuah konsep yang memungkinkan / memperbolehkan operator jaringan untuk mengelola router dan switch secara fleksibel menggunakan software yang berjalan di server eksternal. Sedangkan Open Network Foundation (ONF) pada tahun 2012, mendefinisikan SDN adalah sebuah Sebuah arsitektur network baru dimana kontrol jaringan dipisahkan dari forwarding dan diprogram secara langsung.

Gambar 2.11 SDN Arsitektur (ONF)
Gambar diatas adalah SDN Arsitektur, menggambarkan bagaimana gambaran logikal dari SDN arsitektur, yang merupakan jaringan pintar yang tersentralisasi secara logis berdasarkan software (software-based). Selain itu ONF menyatakan bahwa dengan SDN tidak lagi membutuhkan protokol standar, tetapi cukup hanya menerima instruksi dari sebuah SDN kontroler

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Software Defined Network (SDN)"

Posting Komentar